Minggu, 11 Juni 2017

Makalah Pemaknaan Sains, Teknologi dan Seni Bagi Manusia



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Manusia, sains, teknologi, dan seni tidak dapat dipisahkan. Keempat aspek tersebut berkaitan erat dalam kehidupan. Sains berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam semesta dan bukan hanya kumpulan pengetahuan yang berupa fakta dan konsep. Kata dasar yang diambil dari kata scientia yang berarti knowledge (ilmu).  Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, sains adalah ilmu yang teratur (sistematik) yang dapat diuji atau dibuktikan kebenarannya berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata (misal: fisika, kimia, dan biologi).
Teknologi dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan, dalam pengertian bahwa penerapan itu menuju pada perbuatan atau perwujudan sesuatu. Kecenderungan inipun mempunyai suatu akibat dimana kalau teknologi dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan, dalam perwujudan tersebut maka dengan sendirinya setiap jenis teknologi/bagian ilmu pengetahuan dapat ada tanpa berpasangan dengan ilmu pengetahuan dan pengetahuan tentang teknologi perlu disertai oleh pengetahuan akan ilmu pengetahuan yang menjadi pasangannya. Disinilah seni dengan perannya membantu manusia dalam membimbing manusia lainnya agar dapat berkembang bersama-sama.

B.     Rumusan masalah
1.      Apa pengertian sains, teknologi, dan seni?
2.      Apa makna sains, teknologi, dan seni bagi manusia?
3.      Apa dampak penyalahgunaan IPTEK bagi kehidupan?

C.     Tujuan
1.      Dapat menjelaskan pengertian sains, teknologi dan seni
2.      Dapat menjelaskan makna sains, teknologi, dan seni bagi kehidupan manusia
3.      Dapat menjelaskan dampak penyalahgunaan IPTEK bagi kehidupan

BAB II
ISI

A.    Pengertian
a.       Sains
Sains berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam semesta secara sistematis, bukan hanya kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, dan prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan.
Tidak semua ilmu itu boleh dianggap sains. Yang dimaksud ilmu sains adalah: Ilmu yang dapat diuji kebenarannya dan dikembangkan secara bersistem dengan kaidah-kaidah tertentu berdasarkan kebenaran atau kenyataan.

b.      Konsep Teknologi
Dalam kepustakaan teknologi terdapat aneka ragam pendapat yang menyatakan bahwa teknologi adalah transformasi dari alam, teknologi adalah suatu kenyataan yang diperoleh dari dunia ide.
Sampai pada permulaan abad 20, istilah teknologi telah dipakai secara umum dan merangkum suatu rangkain sarana, proses, dan ide disamping alat-alat dan mesin-mesin. Perluasan arti itu berjalan terus sehingga sampai pertengahan abad ini muncul perumusan teknologi sebagai sarana atau aktifitas yang dengannya manusia berusaha mengubah atau menangani lingkungannya. Ini merupakan suatu pengertian yang sangat luas karena setiap sarana perlengkapan maupun kultural tergolong suatu teknologi.
Adapun tiga macam teknologi yang sering dikemukakan oleh para ahli, yaitu:
a.       Teknologi modern
Ciri-ciri:
-          Padat modal
-          Mekanis elektris
-          Menggunakan bahan impor
-          Berdasarkan penelitian mutakhir dan lain-lain
b.      Teknologi madya
Ciri-ciri:
-          Padat karya
-          Dapat dikerjakan oleh keterampilan setempat
-          Menggunakan alat setempat
-          Berdasarkan alat penelitian
c.       Teknologi tradisional
Ciri-ciri:
-          Bersifat padat karya (banyak menyerap tenaga kerja)
-          Menggunakan keterampilan setempat
-          Menggunakan alat setempat
-          Menggunakan bahan setempat
-          Berdasarkan kebiasaan atau pengamatan
Dapat disimpulkan bahwa teknologi adalah segenap keterampilan manusia menggunakan sumber-sumber daya alam untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan.
c.       Seni
Janet Woll mengatakan bahwa seni adalah produk sosial. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu. Maka konsep pendidikan yang memerlukan ilmu dan seni adalah proses atau upaya sadar antar sesama manusia untuk membimbing perkembangan kemampuan dan kepribadian secara manusiawi dan terarah. Oleh karena itu budi bahasa pun adalah suatu seni.

B.     Makna Sains, Teknologi, dan Seni Bagi Manusia
Adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menimbulakn cabang ilmu pengetahuan baru antara lain: teknologi hutan, teknologi gedung (metalurgi), dan lain-lain.
Pengetahuan dan teknologi memungkinkan terjadinya perkembangan keterampilan dan kecerdasan manusia. Hal ini karena dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan:
1.      Tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah.
2.      Meningkatkannya kemakmuran materi dan kesehatan masyarakatnya.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bergerak sangat cepat, sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
Teknologi dapat membawa bencana, sebaliknya juga telah terbukti bahwa bagi mereka yang dapat memanfaatkannya, teknologi tersebut dapat menolong mereka dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Teknologi mempunyai dua komponen utama, yaitu:
-          Hardware aspect, meliputi peralatan yang memberikan bentuk pola teknologi sebagai objek fisikal atau material.
-          Software aspect, meliputi sumber informasi yang memberikan penjelasan mengenai hal-hal peralatan fisik atau material tersebut.

C.     Manusia Sebagai Subjek dan Objek IPTEK
Berkat kemajuan ilmu dan teknologi manusia dapat menciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan. Hal ini memungkinkan manusia dapat melakukan kegiatan dengan lebih efektif dan efisien.
1.      Dalam bidang pertanian, peternakan, dan perikanan
-          Traktor, alat pemotong, alat penyemprot
-          Produksi pupuk buatan
-          Teknik mutasi buatan
-          Teknik pengolahan pascapanen, seperti pengalengan ikan dan buah-buahan
-          Penemuan bibit unggul seperti ayam ras, ayam broiler, sapi perah, dan lain-lain.
2.      Dalam bidang kedokteran dan kesehatan
Manusia menciptakan alat-alat operasi mutakhir, bermacam-macam obat, penggunaan benda radioaktif untuk pengobatan dan mendiagnosis berbagai penyakit, sehingga berbagai penyakit dapat dengan segera disembuhkan.
3.      Dalam bidang telekomunikasi
Penemuan televisi, radio, dan telepon membuat manusia dapat berkomunikasi dengan cepat dalam waktu singkat dari jarak yang jauh sekalipun.
4.      Dalam bidang pertahanan dan keamanan
Manusia telah mampu menciptakan persenjataan yang sangat canggih sehingga dapat mempertahankan keamanan wilayahnya dengan baik.

D.    Dampak penyalahgunaan IPTEK bagi kehidupan
1.      Nuklir
Meledaknya bom di Hirosima dan Nagasaki memakan banyak korban jiwa. Tidak hanya itu, radiasi akibat bom ini dapat merusak sel tubuh dan menyebabkan kanker.
2.      Polusi
Berbagai aktivitas manusia yang menimbulkan pencemaran antara lain:
a.       Kegiatan industri ,dalam bentuk limbah, zat-zat buangan berbahaya seperti logam-logam berat, zat radioaktif, air buangan panas,dan kepulan asap.
b.      Kegiatan pertambangan, berupa terjadinya kerusakan instalasi kebocoran, pencemaran buangan-buangan penambangan, pencemaran udara, dan rusaknya lahan-lahan akibat pertambangan.
c.       Kegiatan transportasi berupa kepulan asap, naiknya suhu udara kota, kebisingan dari kendaraan bermotor, tumpahan-tumpaham dari bahan bakar kendaraan bermotor terutama minyak bumi dari kapal tanker.
d.      Kegiatan pertanian, terutama akibat dari residu pemakaian zat-zat kimia yang memberantas hama seperti insektisida, peptisida, herbisida, demikian pula dengan pupuk organic.

Suatu zat dikatakan polutan apabila:
a.       Kadarnya melebihi batas normal.
b.      Berada pada tempat yang tidak dikatakan semestinya
c.       Berada pada waktu yang tidak tepat

Sifat-sifat polutan antara lain:
a.       Merusak untuk sementara, dan setelah bereaksi dengan zat lingkungannya tidak merusak lagi.
b.      Merusak setelah jangka waktu tertentu.  

Bencana polusi dapat dibagi menjadi 4:
a.       Yang langsung menggangu kesehatan manusia.
b.      Efek tak langsung pada manusia, misalnya efek korosif dari polusi
c.       Efek langsung yang mengancam kualitas kehidupan manusia seperti, onggokan pupuk kandang dan selokan mampet.
d.      Efek tak langsung terhadap masyarakat misalnya, usaha pertambangan minyak bumi dilepas pantai, penebangan hutan yang berlebihan.

Pencemaran lingkungan dapat berupa:
a.       Pencemaran Air dan Tanah
·         Zat kimia seperti limbah industri, pupuk buatan, dan detergen, dapat berakibat buruk terhadap tanamandan tumbuhan serta organism lainnya.
·         Sampah plastik tidak dapat hancur, sehingga mnurunkan porositas tanah.
·         Zat-zat limbah industri.
·         Berbagai sampah organic yang dibuang ke sungai, kolam atau parit akan mengalami pembusukan. Untuk proses ini bakteri pembusuk memerlukan banyak O2 .
·         Terjadinya pembusukan yang berlebihan di perairan akan menyebabkan terjadinya penimbunan senyawa.

b.      Pencemaran Udara
Pencemaran udara terutama disebabkan oleh pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna dari pabrik minyak, batu bara,dan asap rokok.

c.       Pencemaran Suara
Penyebabnya adalah suara bising yang terus-menerus. Gangguan yang timbul terutama pada sistem pendengaran yang selanjutnya dapat mempengaruhi sistem lainnya seperti perubahan tekanan darah, perubahan denyut nadi, kontraksi perut, gangguan jantung, stress, dan lain-lain.

d.      Pencemaran Sosial Budaya
Kemajuan teknologi membawa pengaruh yang sangat cepat terhadap kehidupan pedesaan. Hal ini dalam satu segi membawa pengaruh yang kurang baik, yaitu penduduk pedesaan yang menjadi konsumtif adanya perubahan kebudayaan yang kurang baik terhadap para muda-mudinya.

3.      Klonasi/Kloning
Tujuan klonasi dapat dirangkum seperti tersebut dibawah ini:
a.       Memberi anak yang baik pada pasangan yang tidak mempunyai anak
b.      Menyediakan jaringan atau organ fetus untuk tranplantasi
c.       Menggantikan anak yang mati muda dengan anak yang sama cirri-cirinya
d.      Sebagai bagian dari eugenetika positif dengan membuat genetipus yang dianggap unggul sebanyak-banyaknya.
e.       Merealisasi teori dan memusakan rasa ingin tahu
f.       Memperoleh sampel dengan genotipus yang sama untuk penelitian
g.      Memperoleh orang dalam jumlah banyak untuk pekerjaan yang sama dengan cirri-ciri tertentu.

4.      Efek Rumah Kaca
Pencemaran udara akan menyebabkan pemanasan global, yaitu dengan adanya efek rumah kaca. Yang dimana dengan adanya efek rumah kac ini sinar ultra violet yang dapat membahayakan manusia tidak akan disaring lagi oleh lapisan ozon, sehingga akan langsung menuju bumi, begitu seterusnya.





BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Jadi manusia, sains, teknologi dan seni saling berhubungan satu sama lain. Perkembangan sains tentunya diikuti dengan perkembangan teknologi yang semakin baik. Hal ini tentunya dapat membantu dalam penelitian yang akan diadakan. Dan seni yang dapat membimbing perkembangan kemampuan dan kepribadian manusia.

B.     Saran
Dengan semakin majunya perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan masyarakat dalam berbagai hal, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut dengan sebaik-baiknya.




Daftar Pustaka
1.      Sukanto, Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.

1 komentar:

  1. Casinomeister | Casino Review, Bonuses & Games - DrmCD
    The Casino Review – What is Casino Bonuses 당진 출장안마 & Games? · Casinomeister has a unique game 통영 출장안마 variety and bonus types for existing players to play. 원주 출장마사지 · Casino 포항 출장마사지 players 춘천 출장마사지 are

    BalasHapus

Laporan Observasi Anak Berkebutuhan Khusus

BAB I PENDAHULUAN A.      Latar Belakang    Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda deng...